Tips Sukses Menghadapi UAS di Universitas Terbuka

Saya ingin berbagi tips sukses menghadapi UAS di UT. Ujian Akhir Semester 2017.1 akan diadakan pada hari jum’at, tanggal 12 dan 19 Mei, bertempat di sekolah indonesia Riyadh. Selamat membaca:
Pertama, kita harus belajar. Untuk memperoleh hasil maksimal tentunya kita harus belajar. Kita harus  ingat bejo itu tidak datang setiap saat dan bejo itu ada kuncinya juga yaitu belajar dan berdoa. Tidak cukup hanya membaca, kita perlu berlatih mengerjakan soal-soal dalam bahan ajar dan latihan mandiri, lebih bagus lagi jika mengerjakan soal-soal lain di internet. Selain itu kita juga harus rajin membaca referensi-referensi yang berkaitan dengan materi. Ingat, buatlah ringkasan untuk hal-hal penting dan yang sulit kalian pahami. Membaca kemudian membuat ringkasan adalah cara efektif untuk menghapal dan memahami materi. Jika masih ada materi yang belum dipahami, tanyakan pada teman atau orang yang lebih mengerti.

Kedua, siapkan dokumen dan alat-alat tempur ujian, mulai dari kartu ujian, ktm, bukti registrasi, hingga alat tulis. Karena kita mengerjakan ujian pada ljk, akan lebih baik jika kita membawa pula clipboard. Jangan lupa, kita juga harus menggunakan pensil untuk computer scanner, seperti pensil 2B hehe. Masukkan semua alat-alat dalam tas. Sebelum berangkat cek lagi apakah ada yang tertinggal.

Ketiga, kita harus tahu tempat ujian minimal sehari sebelum ujian. Hal ini bertujuan agar kita tidak terlambat ujian. Bayangkan jika pada jam pertama kita ada ujian dan kita belum menemukan lokasi padahal waktu sudah terlambat lebih dari 30 menit dan akhirnya kita tidak diperbolehkan mengikuti ujian. Pada akhirnya kita harus mengulang matkul tersebut. Selain itu, jika biisa, lakukan survey lokasi agar lebih mudah dalam mencari ruangan nantinya.

Keempat, sebaiknya datang 30 menit lebih awal sebelum ujian agar kita lebih tenang dalam menghadapi ujian karena kita masih mempunyai waktu untuk mencari ruang ujian dan mengecek kembali peralatan serta dokumen.

Kelima, kita harus cermat dan teliti dalam mengisi identitas pada buku jawaban ujian jika ujian tersebut essay. Teliti identitas pada ljk apakah sesuai dengan data kita jika ujian tersebut adalah pelihan ganda. Pastikan tanda tangan pada lju sama dengan tanda tangan pada absensi karena perbedaan tanda tangan akan mempengaruhi keluarnya nilai.

Keenam, patuhi tata tertib. Jangan sampai melakukan pelanggaran serius seperti menyontek jika tidak ingin mendapat nilai E.
Terakhir, jangan lupa berdoa agar diberi kemudahan dan hasilnya berkah.
Nah, ketika pelaksanaan ujian, kita dapat mengikuti beberapa tips berikut yang saya ambil dari.
– Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.

Saat akan mengikuti ujian, usahakan Anda sudah benar-benar siap lahir dan batin. Perlengkapan ujian harus sudah Anda siapkan sehari sebelum pelaksanaan ujian. Jangan lupa membawa semua alat tulis yang dibutuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

– Tenang dan percaya diri.

Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. Usahakan sehari sebelum pelaksanaan ujian, Anda sudah menghentikan kegiatan belajar Anda.

– Bersantai tapi tetap waspada.

Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan Anda mendapatkan tempat yang cukup baik untuk mengerjakan soal-soal ujian. Pertahankan posisi duduk tegak.

– Preview soal-soal ujian dulu(terutama untuk soal uraian atau yang memiliki waktu yang cukup banyak)

Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit.

– Jawab soal-soal ujian secara strategis.

Anda dapat memulai dengan menjawab pertanyaan mudah terlebih dahulu, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya dikerjakan antara lain: soal paling sulit, yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya dan memiliki nilai terkecil

– Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban mana yang harus dipilih/ditebak.

Abaikan jawaban yang sudah Anda tahu bahwa jawaban itu salah. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika Anda tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

– Ketika mengerjakan soal ujian esai/uraian, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.

Buat kerangka jawaban singkat untuk esai/uraian dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin ditulis. Setelah itu jabarkan ide-ide sesuai dengan pertanyaannya. Jangan menulisakan jawaban panjang lebar tanpa memperhatikan pertanyaan atau apa yang diminta dari pertanyaan tersebut. Jawablah dengan singkat namun jelas dan tepat.

– Sisihkan 10% waktu ujian untuk memeriksa ulang jawaban yang telah Anda kerjakan.

Periksa jawaban secara teliti, hindari keinginan untuk segera meninggalkan ruang ujian segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa sekali lagi dan yakinkan bahwa Anda telah menjawab semua pertanyaan. Baca ulang setiap jawaban untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematika yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

– Analisa hasil ujianmu.

Setiap ujian dapat membantu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang paling sesuai untuk diri sendiri dan hanya diri sendirri lah yang mengetahuinya.
Terima kasih sudah membaca. Jangan menyerah! Terus berjuang!

Disusun Oleh:

Santo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *